SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kometensi : 1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di
bumi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
|
§ Q.S.
Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§
Q.S. An Nahl: 78
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan,
cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§
Membaca dengan
fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
§
Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
§ Mampu
membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§
Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14; 56. Q.S.
AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§
Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 1-17.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
1.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
§ Q.S.
Al-Baqarah: 30
§
Q.S. Al-Mukminun:
12-14
§
Q.S. Az-Zariyat: 56
§
Q.S. An Nahl: 78
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
§ Menterjemahkan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§
Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
§
Mampu menterjemahkan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 1-17.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
1.3 Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
§ Q.S..
Al-Baqarah: 30
§ Q.S.. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S.. Az-Zariyat: 56
§
Q.S.. An Nahl: 78
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi
perilaku Khalifah yang terdapat dalam
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An
Nahl;78
§ Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S.
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Jenis Tagihan:
Perilaku individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan
terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 1-17.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kometensi : 2.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Membaca Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa
depan)
|
§ Membaca dengan fasih
Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
|
§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan
benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2
jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 18-27.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
2.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S.
Al-An’am; 162-163
§
Q.S.
Al-Bayyinah; 5
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Isian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 18-27.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
2.3 Menampil-kan perilaku ikhlas
dalam beribadah seperti terkandung dalam
Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§
Q.S. Al-Bayyinah;
5
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai
dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai
dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai
dengan Q.S Al-An’am: 162-163
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah
sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah
sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai
dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Perilaku individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 18-27.
§
Buku-buku yang
relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam
Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menyebut-kan 10 sifat
Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna:
§ 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian
sifat-sifat Allah.
§ Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
§ Mampu
menyebutkan arti sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 28-44.
§
Buku2 yg relevan.
|
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna
|
Asmaul Husna:
§ 10 Asmaul Husna dan artinya
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna.
§ Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
§ Mampu
menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§
Buku PAI untuk SMA Kelas X,
Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§
Buku2 yg relevan.
|
3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah
yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya
bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan
terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§
Buku PAI untuk SMA Kelas X,
Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§
Buku2 yg relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4.
Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
Husnuzhan:
§ - Pengertian Perilaku Husnuzhan
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
§ Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan
husnuzhan.
|
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri
sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama
manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§
Buku PAI untuk SMA Kelas X,
Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§
Buku2 yg relevan.
|
4.2 Menyebut-kan
contoh-contoh perilaku husnuzhan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
|
Husnuzhan:
§ Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri
dan sesama manusia.
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama
manusia.
|
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri
sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama
manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 45-56.
§
Buku2 yg relevan.
|
4.3 Membiasa-kan perilaku
husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Husnu zhan :
§ Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
§
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama
manusia.
|
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 45-56.
§
Buku2 yg relevan.
|
No comments:
Post a Comment