MAKALAH ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

KONSEP DASAR ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
APengertian Administrasi
ØDalam arti luas administrasi diartikan sebagai proses meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi.

Dasar Administrasi

1.Prinsip Efisiensi
2.Prinsip Pengelolaan
3.Prinsip Pengutamaan Tugas Pengelolaan
4.Prinsip Kepemimpinan yang Efektif
5.Prinsip Kerjasama
B.  Pengertian Manajemen

Manajemen dalam arti luas adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian (P4) sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien.

Manajemen dalam arti sempit adalah manajemen sekolah/madrasah yang meliputi: perencanaan program sekolah/madrasah, pelaksanaan program sekolah/madrasah, kepemimpinan kepala sekolah/madrasah, pengawas/evaluasi dan sistem informasi sekolah/madrasah.

Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Istilah Manajemen (management) telah diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimipinan, pemimpin, ketata pengurusan, administrasi, dan sebagainya.
 

C.  Perbedaan Administrasi dengan Manajemen

Sebagian ahli berpendapat bahwa administrasi sama artinya dengan manajemen seperti yang dinyatakan oleh Sutisna (1987) bahwa dalam pemakaiannya secara umum administrasi diartikan sama dengan manajemen, dan administrator sama dengan manajer.

D.  Definisi Pendidikan

Defenisi pendidikan sejauh ini belum ada keseragaman formulasi yang dapai dipakai sebagai pegangan karena masing-masing ahli mengemukakan defenisi yang agak berbeda satu dengan yang lainnya, tergantung dari konsepsi pendekatannya masing-masing.

berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pasal 1 ayat (1) yaitu : ”Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”

E.  Defenisi Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan dapat didefenisikan sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

F.  Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan

ØTerwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna
ØTerciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi dirinya.
ØTerpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan
ØTercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efesien
ØTerbekalinya tenaga kependidikan
ØTeratasinya    masalah    mutu    pendidikan,   karena   80%   masalah   mutu  disebabkan oleh manajemennya
ØTerciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel
ØMeningkatkan citra positif pendidikan
G.  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku       Manajemen Pendidikan

1)      interaksi antar manusia
2)      iklim organisasi
3)      sistem pendidikan yang dianut
4)      lingkungan eksternal
I.  Keterampilan Manajerial dan Tanggung Jawabnya

Keterampilan manajerial untuk setiap tingkatan organisasi meliputi keterampilan konseptual, sosial dan operasional dengan komposisi yang berbeda-beda.
J.  Peranan Manajer

Menurut Stoner & Freeman (2000) :
1)       Peranan Interpersonal
2)      Peranan Informasional
3)      Peranan Decisional
         

1 comment: